Langsung ke konten utama

Hadiah Terindah Kedua dari Allah SWT

Alhamdulilah, saya dan suami di berikan kepercayaan lagi untuk memiliki anak kedua, syukur alhamdulilah, karena dengan begitu, Allah SWT mempercayakan kembali saya dan suami untuk memiliki momongan kembali, dengan beda usia 2,5 tahun dari anak pertama.

Tanpa KB medis dan hanya mengandalkan KB alami alias memberkan ASI kepada anak pertama jarak kehamilan terbukti ampuh, kalo untuk saya dan suami cukup lah dengan beda usia 2,5 tahun. 

Tentunya antara kehamilan pertama dan kedua ada bedanya, dlu waktu hamil anak pertama nyaris tanpa mabok sedangkan hamil anak kedua ini, luar biasa deh,,,bahkan sampai sempet ga bisa beraktivitas selama 2 minggu karena mabok parah, cuma bisa tiduran di kasur sambil nahan mual dan muntah, segala macam aroma bisa bikin mual dan muntah datang secara tiba-tiba.

Bahkan sampai ada cerita gara gara si mabok hamil ini,Pernah pas naik bus, saking ga kuat nya mual sampe sampe muntah di bus, dan itu sampai kena ibu ibu yang duduk dibelakang aku..disitu rasanya udah ga karuan, malu, ga enak, pusing, mual, lemes semua campur jadi satu. Untungnya si ibu nya baik, sempet marah sih,,cuma mungkin karena kasian, si ibu ngasi balsem. (Maaf ya bu, semoga sikap baik ibu jadi amalan buat ibu). Gara gara kejadian itu sampe ga mau lagi naik bus, karena malu dan takut terjadi lagi kejadian kaya waktu itu. (hikshiks,,,)

Tentunya efek mual dan muntah itu bukan cuma itu aja termasuk aga mengganggu aktivitas sehari-hari, ga bisa konsen, makan susah, badan lemes. Yang biasanya pulang aktivitas bisa sendiri, di awal awal kehamilan harus selalu dijemput suami, karena badan ini sudah tidak berdaya lagi.. (lebay), alias takut muntah di jalan, kalo dijemput sama suami kan, muntah juga ga malu dan ga repotin orang banyak termasuk diri sendiri,,,hehehe...saking parahnya, sampe di mobil itu udah sedia kantong plastik buat jaga jaga klo mabok, maklum jalanan macet, jadi kalo harus minggir dlu bisa kacau,

Alhamdulilah, acara mabok nya ga sampai ke bawa bawa di usia kehamilan berikutnya,, cuma 3-4 bulan pertama aja, selanjutna sih lancar, cuma muncul lagi keuhan berikutnya, sakit pinggang yang luar biasa, bukan sakit pinggang sih tepatnya sakit di bagian tulang ekor gt, sampai pernah ga bisa napakin kaki sampai di gendong suami. tapi nyeri hebatnya itu untungnya cuma sekali aja, nextnya sakit sih,,,tapi masih bisa aktivitas lah.

Perjalanan berikutnya alhamdulilah lancar, jagoan, bisa naik ojek, bajaj, kereta :). klo waktu anak pertama, sebagian besar dihabiskan di taxi, tapi klo skrg juga harus naik taxi kayaknyba ga banget deh, nyerah sama macetnyaa...bisa bangdutttt...

Kaka dan Calon Adik
Kalo banyak yang bilang, biasanya kalo punya adik apalagi masih kecil si kaka suka cemburu. Hmmmm...wajar sih, tapi alhamdulilah, si Kakak kam ajarkan untuk mulai memahami akan kehadiran adik kecilnya sejak dalam masih kandungan mama nya,,

Kakak selalu ngajak ngobrol calon debay, suka peluk peluk perut aku, kalo mau bobo, harus pegang perut aku,,,alhamduliah baik nya Kakak..meskipun kadang klo lagi muncul manjanya suka aga jealous juga :).


Proses Kelahiran
Anak pertama lahir dengan proses SC, sebenernya dokter bilang klo anak kedua mau normal bisa, tapi.....klo misalnya di tengah proses persalinan terjadi sesuatu, maka tdk bisa dikasi obat-obatan atau tindakan lain sepeerti induksi, ILA alias harus mau ga mau SC. jadi yah, daripada ambil resiko dan saya pun blm siap mental untuk normal, jadi diputuskan untuk lahir dengan SC lagi.

Meskippun ini proses SC ke dua, tapi teteap aja deg deg an...deg deg annya karena udah tau proses nya dan tau rasa sakitnya.= dan itu harus terjadi untuk kedua kalinya. Yang bikin deg deg an lagi, pas masuk ruang operasi, si dokter nya bilang mau bius total..padahal waktu anak pertama bius nya spinal..disana saya ga bisa mikir udah iyahin aja deh, ga tau deh knp disuru bius total, kalo saya yang penting operasinya berjalan lancar.

Alhamdulilah masuk ruang operasi jam 07.00 pagi dan lahir debay  07.45 pagi. setelah selesai proses SC saya dipindahkan ke ruang pemulihan tapi saat itu saya masih blm sadar, klo dari cerita suami sih,,,katanya begitu keluar dari  ruang operasi saya sambil bilang sakit..sakit...dingin..dingin...dan ga sadar sampai 2 jam. saya sih ga sadar bilang kaya gitu, hehehe,,,yang jelas begitu sadar masih kerasa kedinginan, kalau waktu anak pertama karena bius spinal, jadi di ruang operasi saya sadar, tapi waktu itu saya sampe muntah-muntah karena kedinginan, asli dingin bangett sampe menggigil. tapi proses pemulihnannya cepat.

Post SC
Setelah SC, sih belum berasa apa-apa, enak aja gt...tapi begitu obat biusnya udah hilang,,,wuiihh...mulai nyut nyutan deh. tapi karena udah pengalaman, jadi udah bisa memprediksi rasa sakitnya jadi mental udah dimantapkan :D, tekad buat cepet sembuh dan pulih sangat besar, mengingat si kakak  di titip di rumah eyangnya. Dan, saya harus cepet pulih, karena bukan 1 lagi yang diurusin tapi 2, dengan luka yang sama malahan lebih sakit dr yang pertama yang harus di urus ada 2. Sempet panas dingin karena sakitnya, sampai nangis nangis,.padahal waktu pertama ga gt..T.T. tapi tetep harus semangat pulih cepat.

New Baby Born 
Sakit-sakit post SC rasanya terobati, dan ga ada apa-apanya liat baby lahir. tanggal 04 Mei 2016, lahir seorang bayi perempuan, beratnya 3,69 kg, dengan tinggi 52 cm(yang diprediksi cuma 3,3 kg, sampe doternya juga bingung). setelah 3 hari 4 malam di RS, akhirnya pulang juga. Debay belum sempet di cek bilirubin waktu itu. 3 hari kemudian balik lagi ke RS untuk kontrol saya dan debay, ternyata setelah di cek, debay bilirubinnya tinggi sampe 17 yang harusnya <12 ada="" ahirnya="" aja="" akan="" akhirnya="" asi="" baby="" berdampak="" biasa="" bilang="" bilirubin="" bisa="" buat="" cuma="" dampak="" dan="" deket="" dengan="" dengernya="" di="" dibawa="" dilaksanaik="" dipikir-pikir="" dirawat="" disuru="" dll.="" dokter="" dokternya="" efek="" fototherapy="" ga="" gangguan="" hanya="" ini="" itu="" jaitan="" jemur="" juga="" kakanya="" kandungan="" karena="" kasi="" ke="" kecerdasan="" kontrol="" langsung="" mama="" masih="" mau="" mengenai="" mikir-mikir="" mikir="" my="" nanya="" ngeri="" nya="" nyaranin="" p="" pd="" periksa="" perjalan="" post="" pulang="" rawat="" rs="" ruginya="" rumah="" samping="" saya="" sc="" sempet="" sepanjang="" tanpa="" tapi="" theraphy="" therapy="" tinggi="" toh="" untuk="" waktu="">


Phototheraphy
Nyampe rumah udah jam 21.00 wib, nyari rumah sakit yang ada fasilitas sinarnya, ternyata di RSIA penuuhhh (banyak juga yahh yang senasib). akhirnya keliling lagi nyari RS lain, sampailah di klinik yang jaraknya yah..cukup deket lah dari rumah, pas ditanya ternayata sisa tinggal 2 tempat lagi...(alhamdulilaaahhh), waktu itu udah jam 23.00 wib, dokter jaganya nyaranin biar Debay langsung masuk aja, ga usah dibawa pulang dulu (kalo aku sih mikirnya, kalo dadakn gitu gmn mimi nya dede imun ini..), alhamdulilah, emang udah ditetapkan Allah kali yah,  sebelumnya pas pulang dari RS, saya udah sempet pumping, meskipun cuma sedikit tapi lumayan lah, ada 3 kantong ASI, masing masing-masing mungkin 80 ml an(mudah-mudahan cukup lah sampe buat besok nya). Pas mau ninggalin baby, sediih bangeettt...mungin lebay karena cuma mau di sinar doang, tapi aku tuh ga bisa diginiiinn (leby..:P). Kayaknya baby nya juga udah ngerasa waktu mau ditinggal, yang biasanya ga pernah nangis waktu di rumah, eh, ini nangisnya kejer bangeett..saking ga teganya aku amblangsung ambil buat di susuin, dan yang tadinya cuma nyusu dikit ini kenceng banget dan lama banget...(maafin amam ya de, tapi ini supaya kamu cepet sehat..)

Kembali ke stock ASI ....subuh subuh 05.00 WIB dari kliniknya nelpon, dan bilang klo stock nya udah mau abiss...whaaattt....??? padahal pulang dari klinik itu jam 24.00 wib begitu nyampe saya langsung pumping dengan harapan biar bsk pagi tenang ga buru-buru, ternyata karena stock ASI yng ada kurang tetep harus berangkat subuh itu juga, OMG, yasudahlah yaa..Dengan berbekal info dari suster kalo idealnya minum setiap 2 jam sekali dan setiap minum 60ml, waktu itu saya berusaha pumping biar dapet 60 ml, buat 6 jam alias 3 kali minum, alias klo dianter jam 5 pagi berarti jam 11 siang harus udah nganter ASI lagi deh,,,dan itu terus berulang setiap 6 jam, jam 5 sore kirim lagi, jam 11 malem kirim lagi, subuh subuh kirim lagi (lelah pemirsa..), dan setiap 1 ronde saya paling gag harus ngumpulin 240 ml sempat pesimis ga mampu ngasi asi cukup karena kata suster si debay minum nya setiap sejam sekali dan kadang nyampe 40 ml setiap sejam..wuaduhhh,,,padahal bayi lain cuma 20 atau 30 ml tiap 2 jam. sakit pesimisnya sempet beli sufor. Ragu-ragu, tapi tetep usaha, dengan lelah, kurang tidur, belum lag klo pumping digangguin terus sama kaka nya,,haduuhhhh, harus nahan emosi padahal klo pumping perlu ketenangan jiwa lahir batin. fiuh....pengen segera berakhirrrr...

Akhirnya adek bayi pulaaaangggg...dan alhmadulilaah pas jemput ternyata masih ada sisa stock asi 1 botol 80 ml horeeeee...Alhamdulilaaahhh, perjuangan tidak sia sia, bye suforrr....I Can Do It..!!!!!

Alhamdulilah debay pulang dengan bilirubin 10. :), dan selanjutnya debay bisa dikasi ASI seserig mungkin dan di jemur deh :).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Product Bundling VS Price Bundling

Banyak perusahaan yang melakukan bundling, karena memang bundling ini terbukti cukup ampuh untuk mendongkrak penjualan, hal ini dapat dilihat dari beberapa fakta mengenai keberhasilan operator telekomunikasi dalam meningkatkan penjualan kartu perdannya saat di bundling dengan handphone-handphone seluler. Bundling banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan baik penyedia jasa ataupun barang, seperti contonhya, paket makanan di McD, KFC, atau saat McD menawarkan mainan anak-anak  bersama dengan paket menu, hal tersebut pun termasuk bundling, atau paket perjalanan yang ditawrkan travel agent dan juga penjualan PC (komputer). Namun ada beberapa hal mengenai bundling yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu seperti judul dari postingan ini. Namun sebelum menuju ke perbedaa antara product bundling dan price bundling, sebaiknya kita mengetahui pengertian bundling itu sendiri. Bundling Menurut stremersch and tellis (2002) bundling is the sale of two or more separate products

Bad Experience @Stroberi BIP

You know whaaatt??  para kaum hawa pasti tau kaan stroberi..itu yang jual accesoris untuk wanita yang mayoritas interiornya berwarna pink. Saya mau berbagi pengalaman buruk nih ttg pelayanan stroberi, khususnya stroberi yang ada di Bandung Indah Plaza alias BIP. Sebenernya banyak banget sih faktor yang gag menyenangkan di stroberi, pertama sih diem ajah, tapi kejadian terakhir yang saya alami bener-bener menyebalkan, sebelumnya saya jelaskan dulu, nilai minus dari dstroberi BIP ini.. 1. Harga accesoris terlalu mahal, memang siih soal tempat dan segmen menengah ke atas, tapi kalo diliat barangnya kayaknya sama ajah, 2. Pelayanannya, terutama ada beberapa SPG yang belagu..mereka pikir dengan jadi SPG di stroberi terus mereka bisa famous dan terkenal?? (ingat customer adalah raja), paling sebel lagi kalo misal cuma beli barang beberapa item aja yang nilai nominalnmya gag besar, kayaknya pandangan para SPG nya sinis gituu (bukan gag mampu beli mba, emang gag lagi butuh banyak aja, lagian d

Learn From Them

Ketika kamu berada di lingkungan yang membuat mu merasa tidak nyaman dengan segala dan berbagai sifat dan karakter individu, maka ambilah pelajaran dari kondisi tersebut, apa yang membutmu tidak nyaman, dan jangan lakukan itu terhadap orang lain. So, Enjoy Your Day ..! :)